JAKARTA, KOMPASTV Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, kembali merilis data terbaru terkait positif virus corona terbaru di Indonesia.

Pada Sabtu (28/03/2020), terkonfirmasi data positif bertambah 109 kasus, sehingga total 1155 kasus, pasien sembuh tambah 13 orang, total jadi 59 orang.

Kemudian dilaporkan kasus kematian 15 orang, total 102 orang.

Beberapa kebijakan pemerintah terkait penanganan covid-19 ini terkait sistem pengendalian virus corona yakni masyarakat berperan aktif memutuskan mata rantai virus corona di masyarakat.

Maka dari itu pencarian kasus positif di masyakraat, dengan kasus positif , di rumah sakit menjadi penting.

Maka upaya untuk tracing ini akan kita perkuat dengan screening, pemeriksaan cepat terkait kontak dekat.

Kedua, perawatan kasus positif yang ditemukan, melalui isolasi diri maupun isolasi di rumah sakit.

Isolasi di rumah betul-betuk dipahami masyarakat. Tinggal di rumah, menjauhi kerumunan, menghindari pertemuan.

Pemerintah sarankan gunakan masker, jarak 1 meter hingga 1,5 meter dengan anggota keluarga yang lain, dan makan dengan alat makan sendiri.

Jika isolasi diri tidak sanggup, maka isolasi di rumah sakit dengan indikasi:

Yang tidak mampu isolasi diri di rumah
Muncul gejala yang parah
Pasien memiliki faktor penyakit kronis
Kondisi rumah sakit yang disiapkan pemerintah, APD sangat penting bagi tenaga medis.

Pemerintah tengah memenuhi, mematuhi SOP standar siapa yang menggunakan APD.

Untuk itu basis fondasi di tengah virus corona ini, pemerintah mengingatkan selain menjaga jarak, yakni mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, sebelum minum, sebelum semua bagian muka.

Karena, lewat perantaraan tangan, penyebaran virus corona lebih cepat.

Nguồn:https://batdongsancom.com/

27 COMMENTS

  1. Bismillah, saya cuman mau menyarankan saja.
    masyarakat yang terjangkit corona yg sedang di isolasi, kelompokan dengan umur sipenderita. semoga bisa cepat hilang virus tersebut. Terimakasih

  2. Negara deretan asia pasifik yg sembuh lebih banyak yg meninggal, sedangkan disini malah kebalikanya
    Apa kita harus mendatangkan dokter dari negara negara itu?

  3. Rantai jangkitan virus ini hanya dapat diputuskan dengan cara kurangkan aktiviti luar terutamanya di pasar2. Pakai mask Dan selalu cuci tangan dengan sabun. Jika pergi ke Pasar harus 1 orang sahaja untuk 1 family.

  4. ini sebagian sudah di rumahkan lho pak.. tinggal di lockdown, pemerintah harus lebih cepat tanggap dan lebih aktif.. gimana gk khawatir pak, ini sudah 102 orang yg meninggal dunia..

  5. tiap hari omongan dan himbauannya samaaa terus. tapi yg berbeda cuma angka positif dan meninggal yg bertambah lumayan pesat dan sedikit yg sembuh. mau sampai angkanya berapa baru ada himbauan/tindakan yg lebih tegas bapak bapak di pemerintahan?

  6. Ingat dilarang mengkritik Pemerintah yah.

    Pemerintah Indonesia sudah bekerja keras dalam melawan corona. Pemerintah terbaik Didunia.

    Sudah melakukan banyak riset dan antisipasi JAUH JAUH HARI SEBELUM CORONA MASUK INDONESIA.

    Hasil riset pemerintah antara lain Nasi Kucing, Jahe Merah, diskon hotel 30% dan Semburi (Sembuh sendiri) bisa menangkal corona.

    Buktiny fatality rate kita hanya 9%. terendah didunia.

    Di Negara lain fatality ratenya bisa 100%.

    Kagak Percaya Ya Sudah…

  7. Yang miskin kasian disudutkan karena dianggap penyebar virus Krn mereka kan harus keluar rumah utk cari makan..nah yg kaya enak karna duit banyak aman tenang bisa santai anggap aja menikmati masa liburan klrga Dirumah masing masing

  8. Pak masyarakat cenderung ke ndablek, tolong lah situ yg tegas aja, drpd yg kena tambah banyak tanpa rakyat nggak ada negara lho pak.

  9. Warga Indonesia tidak bisa disikapi dengan otoriter….

    Dikit dikit demo, dikit dikit demo…

    Sadarlah, musuhmu bukan singa atau harimau. Tp singa Dan harimau lapar yang kasat mata…

  10. Semakin hari semakin bertambah banyak korban, mana mukanya yang dulu pernah bilang virus corona nggak bisa masuk ke Indonesia.

  11. Semakin bertambah saja masyarakat nya juga susah di atur juga di bilang jgn pergi"atau berkumpul di tempat ramai atau tempat hiburan tetap aja nekat, pemerintah dan para medis biarkanlah bekerja kita masyarakat nurut sajalah aturan pemerintah kesehatan lbh berharga gak usah sok jagoan gak bakalan kena virus emang virus corona milih"org apa giliran udah kena aja pemerintah di salahin gak lockdown lah situ sehat😏

  12. Penduduk Indonesia 250juta. Penduduk Jakarta??? 10juta ada? Tapi sekarang sih sepi, jalanan senggang. Ntah karena weekend atau dah pada mudik.
    Kita lihat senin masih rame gak nih jalanan.
    Sekolah masuk kan senin? Apa diperpanjang liburnya? Belom kondusif nih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here